Beranda Daerah Bengkulu 5 Mantan Pimpinan DPRD Lebong Resmi Tersangka

5 Mantan Pimpinan DPRD Lebong Resmi Tersangka

267
0
BERBAGI

LEBONG, WN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, Kamis (1/7/2021) resmi menetapkan 5 tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) kegiatan Sekretariat DPRD Lebong Tahun Anggaran 2016 yang diduga merugikan negara mencapai Rp 1,3 milyar lebih. Penetapan ini dilakukan setelah melalui proses panjang dan bahkan status penyidikan (Dik) sempat tiga kali diperpanjang.

Adapun kelima tersangka tersebut meliputi tiga mantan pimpinan DPRD Lebong periode 2014-2019 yakni mantan Ketua DPRD Lebong TR, mantan Waka I DPRD Lebong MD dan mantan Waka II DPRD Lebong AM. Kemudian dua ASN mantan Sekwan SP dan mantan Bendahara pengeluaran ET.

Kajari Lebong Arief Indra Kusuma Adhi menyebutkan, penetapan tersangka terhitung Rabu (30/6/2021), setelah tim penyidik tindak pidana khusus Kejari Lebong bersama unsur struktural dan fungsional Kejari Lebong melakukan ekspose perkara pada Rabu (30/6/2021).

“Berdasarkan perkembangan penyidikan terkait kasus dugaan tipikor pada Angaran Rutin Sekretariat DPRD Kabupaten Lebong Tahun Anggaran 2016. Berdasarkan sejumlah alat bukti meliputi keterangan Saksi, Surat, Keterangan Ahli dan Petunjuk, yang telah didapatkan oleh penyidik. Kita menetapkan 5 tersangka, tiga mantan pimpinan DPRD TR, MD, AM dan S selaku mantan Sekwan dan ET selaku mantan bendahara pengeluaran,” sampai Kajari Lebong Arief kepada awak media Kamis (1/7/2021) siang.

Dilanjutkannya, bahwa proses selanjutnya adalah tim penyidik saat ini juga mengirimkan surat pemberitahuan dan surat panggilan kepada para tersangka untuk dilakukan proses pemeriksaan Iebih Ianjut yang dijadwalkan pada mulai minggu depan. Bahwa terkait penyidikan terkait kasus dugaan tipikor pada Angaran Rutin Sekretariat DPRD Kabupaten Lebong Tahun Anggaran 2016 ini.

“Ditemukan kerugian keuangan negara sebesar Iebih dari Rp 1 Miliar berdasarkan LHP dari BPKP dan untuk detail nya akan kami sampaikan nantinya dalam rencana dakwaan kami pada tahap berikutnya. Bahwa terkait perkembangan penanganan perkara ini akan tetap kami sampaikan kepada masyarakat pada kesempatan selanjutnya,” tutupnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here