Beranda Daerah Bengkulu 65 KPM PKH Air Rami Terima KKS dan Butab

65 KPM PKH Air Rami Terima KKS dan Butab

176
0
BERBAGI

MUKOMUKO, WN – Sebanyak 65 warga penerima PKH perluasan (baru-red) tahun 2021 di Kecamatan Air Rami akhirnya mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan buku tabungan (Butab), Rabu (28/04) lalu.

Pantauan wajahnusantara.com, kegiatan penyaluran KKS dan Butab untuk penerima PKH perluasan tahun 2021 ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak tempat duduk di dalam ruangan.

“Sebanyak 65 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) alhamdulilah sudah tersalurkan, tinggal menunggu pencairan satu-dua hari lagi, menunggu kartu KKS aktif,” kata pendamping program PKH Kecamatan Air Rami, Isriani saat dikonfirmasi wajahnusantara.com di sela-sela kegiatan.

Isriani menambahkan, variasi penerima PKH terdiri dari beberapa komponen antara lain :
1. Pelajar SD sebesar Rp.225.000 per 3 bulan sekali.
2. SMP sebesar Rp. 375.000.
3. SMA sebesar Rp.500.000.
4. Balita Rp.750.000.
5. Lansia Rp.600.000
6. Ibu hamil (kehamilan kedua) menerima bantuan Rp. 750.000.

“Semua dapat diterima oleh KPM setiap tiga bulan sekali,” tambah Isriani.

Sebagai pendamping Program PKH, Isriani berharap kepada semua penerima dapat menggunakan bantuanya sesuai harapan pemerintah untuk membantu biaya sekolah dan kesehatan bagi ibu hamil dan lansia. Apalagi sekarang data harus benar-benar valid dengan data Dukcapil lewat NIK.

“Alhamdulillah, di bulan puasa ini, kita bisa melihat penerima PKH tersenyum bahagia, kita merasa bersyukur, semoga bermanfaat bagi mereka semua,” tambahnya lagi.

Di samping itu, Isriani juga memaparkan syarat untuk menjadi penerima PKH, salah satunya keluarga yang kurang mampu dan sudah terdata di data DTKS yang diajukan oleh pihak desa.

Ditambahkannya, data akan diverifikasi oleh Kemensos kemudian akan muncul di Dinas Sosial yang akan sampai kepada pendamping.

“Sebelum menjadi anggota PKH kita akan kroscek ke lapangan dan berkoordinasi dengan pihak desa apakah data calon penerima ini ada di desa binaan dan memang layak menerima bantuan karena ada beberapa komponen. Karena jangan salah walaupun kriteria kurang mampu ada dalam diri calon penerima PKH, begitu di croscek tidak ada salah satu komponen yang ada di atas tadi, terpaksa tidak bisa kita muktahirkan menjadi calon penerima PKH,” paparnya.

Sementara, menurutnya untuk penerima PKH dari tahun 2013 sampai saat ini, ada sekitar 500 orang dari 12 desa, dengan dua pendamping PKH.(hbn/ams.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here