Beranda Daerah Bengkulu Berharap Virus Corona Dilenyapkan, Warga Senali Gelar ‘Tolak Balak Dusun’

Berharap Virus Corona Dilenyapkan, Warga Senali Gelar ‘Tolak Balak Dusun’

144
0
BERBAGI

BENGKULU UTARA, WN – Agar terhindar dari segala macam bencana, puluhan warga Desa Senali, Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, Minggu (6/6/2021) menggelar tradisi tahunan ‘Kenduri Agung’ atau lebih dikenal dengan ‘Tolak Balak Dusun’ di pinggir Sungai Lubuk Tanjung Geting Senalai.

Kepala Desa Senali, Nasrul Hadi mengaku berdasarkan musyawarah desa, kegiatan ini tetap harus digelar meski sesederhana mungkin karena kondisi wabah Covid-19. “Kita bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT masih diberikan kesehatan dan rizki sehingga kita bisa melakukan sedekah Kenduri Agung ini,” ujarnya. Harapan Nasrul, semoga dengan kegiatan ini, Tuhan juga melenyapkan virus Corona dari muka bumi ini.

Menurut pemandu acara (Dukun Kenduri Agung), Karmin, secara sosial kegiatan ini merupakan salah satu bentuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan syukur atas nikmat serta rahmat yang diberikan. “Hal ini juga diharapkan dapat mendorong terjalinnya tali silaturahmi yang merupakan modal sosial di masyarakat yaitu nilai-nilai luhur yang terdapat dalam adat istiadat, tradisi dan budaya yang dianut secara turun temurun sejak nenek moyang,” terangnya.(ndh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here