Beranda Daerah Bengkulu Desa Padang Burnai Kembangkan Usaha Budidaya Lele

Desa Padang Burnai Kembangkan Usaha Budidaya Lele

23
0
BERBAGI

BENGKULU SELATAN, WN – Budidaya ikan lele saat ini menjadi sumber ekonomi bagi pelaku usaha perikanan Desa Padang Burnai karena memiliki potensi perikanan baik dari segi SDA dan SDM.

Seperti, sumber air dengan kontur tanah yang datar dan tidak lengket serta pelaku usaha/ petani yang tekun, sudah terbiasa budidaya ikan dan terdapat pengepul pemasaran.

Pengembangan usaha perikanan ini juga telah dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan melalui pemberian stimulan usaha perikanan dalam bentuk unit kolam beserta pakan dan benih berkualitas sehingga dapat dijadikan percontohan bagi pelaku usaha ikan lele di tingkat Kecamatan lain.

Selain itu, untuk membentuk mata rantai perekonomian di sektor perikanan yang berkelanjutan dan berdampak ekonomi bagi warga desa Padang Burnai, dibentuk pula jejaring usaha perikanan baik bagi pelaku usaha budidaya lele, UPR, pembuat /penjual pakan ikan, dan pemasaran ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan Santono berpesan, bahwa perlunya pelaku usaha perikanan menerapkan manajemen keuangan dan administrasi dengan baik dan cermat.

“Agar usaha perikanan ini berkembang karena ada beberapa pelaku usaha perikanan gulung tikar bukan karena masalah teknis budidaya tetapi gagal karena manajemen keuangan yang salah atau tidak tertib. Oleh karena itu penting adanya buku keuangan dan administrasi, agar semua tercatat rapih sehingga dapat diketahui untung / rugi, jumlah aset dimiliki, dan kemampuan modal yang ada untuk pengembangan,” tutupnya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here