Beranda Daerah Bengkulu Dibanding Kolam Tradisional, Budidaya Lele Kolam Terpal Lebih Menjanjikan

Dibanding Kolam Tradisional, Budidaya Lele Kolam Terpal Lebih Menjanjikan

20
0
BERBAGI

BENGKULU SELATAN, WN – Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi sesuai program Pemerintah Pusat demi pemulihan ekonomi, Pemerintah Desa Talang Tinggi Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan gelar acara pelatihan Budi daya ikan lele kolam terpal yang diadakan di Kantor Desa Talang Tinggi. Kamis, 31/03/2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Talang Tinggi Hajidil Perman, Camat Ulu Manna Agusman, Kadis PMD Herman Sunarya, Perangkat Desa, serta warga setempat, untuk diketahui usaha budidaya ikan ini lebih menjanjikan dengan terpal kolam daripada menggunakan kolam tradisional, yaitu dengan menggali tanah dan mengisinya dengan air sebab disamping memperminim biaya, tempat, prosesnya lebih praktis.

Kolam yang terbuat dari terpal ini cocok digunakan untuk budidaya ikan zaman sekarang. Bukan saja untuk ikan lele, tapi masih banyak jenis ikan tawar yang bisa dibudidayakan menggunakan kolam terpal ini. Banyak kelebihan yang akan didapatkan dengan menggunakan kolam terpal, jadi tidak heran jika banyak peternak ikan tawar yang makin gencar menggunakan cara ini dalam usahanya.

Saat di konfirmasi, Kepala Desa Talang Tinggi Hajidil Parman mengatakan “budidaya ikan lele kolam terpal ini memiliki banyak keuntungan, antara lainnya seperti, ikan lebih mudah gemuk, panen ikan lebih cepat, padat tebar tinggi, dan PH nya lebih stabil,”ungkapnya.

“Tetapi perlu disiapkan itu lokasi kolam terpal, dan pertimbangan teknis. Pertimbangan teknis tersebut seperti sumber air karena dalam waktu tertentu, air harus diganti. Selain itu, ukuran kolam juga harus diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tebar benih nantinya. Kolam yang benar akan membuat benih mudah disebar dan jumlahnya pun bisa lebih banyak serta penanganan limbah juga harus diperhatikan agar tidak mengganggu lingkungan sekitar, yang pasti masyarakat sangat terbantu nantinya dengan usaha ini, dan juga dengan modal yang terjangkau namun dapat mendongkrak ekonomi Masyarakat, tutupnya.(dpi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here