Beranda Daerah Didemo Puluhan Massa, Adik Bupati Kerinci Dituding Lakukan Korupsi

Didemo Puluhan Massa, Adik Bupati Kerinci Dituding Lakukan Korupsi

66
0
BERBAGI

KERINCI, WN – Terkait kasus dugaan korupsi dan sejumlah penyimpangan pada lingkup Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kerinci, puluhan massa yang mengatasnamakan LSM gabungan dari Aliansi Sakti (GASAK) dan GMPKN menggelar aksi damai di depan halaman kantor Kejaksaan Tinggi Jambi, Kamis (30/9/21) lalu.

Kordinator aksi, Deddy Klene menyatakan, ada beberapa poin tuntutan dalam aksi ini, diantaranya terkait dengan kasus dugaan pungutan fee proyek yang mencapai 15 persen.

Selain itu, banyaknya dugaan penyimpangan dalam proyek pengadaan Alsintan dalam beberapa tahun terakhir, serta sejumlah penyimpangan lainnya, sebagaimana pernah diorasikan oleh LSM Petisi Sakti pada 22 Juli 2021 lalu. Ia menambahkan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kerinci, Radium Halis bersama Dafril selaku Kabid diduga juga berbuat curang.

Diketahui, Radium Halis alias Philip, selain menjabat Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, ia juga ternyata merupakan adik kandung Adirozal yang saat ini menjabat Bupati Kerinci.

“Hal ini tidak bisa dibiarkan dan menjadi pekerjaan rumah (PR) besar yang harus segera dituntaskan tanpa pandang bulu. Untuk itu saya minta kepada pihak Kejati Jambi untuk segera mengusut tuntas dan mengambil langkah serta tindakan hukum terhadap para pelaku kasus tersebut,” tegas Deddy, seperti dilansir dari gegeronline.co.id.

Yusuf Basri Ketua LSM-GMPKN saat dimintai tanggapannya mengatakan, menurutnya dalam menjalankan aksinya, Radium Halis selaku Kadis diduga melibatkan Dafril Kabid di Dinas Pertanian Tanamaman Pangan dan Holtikultura dan Novrita, Kepala BP3K Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci.

Pasca berorasi di Kejati Jambi, aksi ini dilanjutkan ke pelataran gedung DPRD Provinsi Jambi, kebetulan KPK RI juga sedang melaksanakan kunjungan Kerja (Kunker), namun massa kecewa karena anggota Legislatif yang terpilih dari Dapil Kerinci-Sungai Penuh, tak seorang pun yang menampakkan diri.

“Sungguh suatu kekecewaan yang tak terhingga, seyogyanya para wakil rakyat yang harusnya senantiasa mendengarkan keluhan rakyatnya, justru malah mengelak dari masalah yang ada,” ungkap Yusuf.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here