Beranda Daerah Bengkulu Diduga Penerapan Dana Desa Gunung Ayu Kec.Seginim Tidak Berpihak Dengan Masyarakat

Diduga Penerapan Dana Desa Gunung Ayu Kec.Seginim Tidak Berpihak Dengan Masyarakat

72
0
BERBAGI

BENGKULU SELATAN, WN – Dengan adanya Pemdes Gunung Ayu Kecamatan Seginim realisasikan anggaran yang kegiatannya belum dilaksanakan namun anggaran sudah dihabiskan, diduga Pemdes Gunung Ayu Seginim salurkan dana Desa tidak berpihak dengan Warga.

Pemerintah mulai dari pusat hingga Daerah terus mengupayakan agar dana Desa digunakan sebaik mungkin, berpihak dengan Masyarakat dan dapat mempercepat pemulihan ekonomi Masyarakat, namun nampaknya Desa Gunung Ayu Kecamatan Seginim tidak mendukung hal tersebut.

Hotma selaku Ketua LSM KIBAR Bengkulu Selatan sangat menyayangkan tindakan Pemdes Gunung Ayu “kegiatan masih banyak, hal-hal yang lebih perioritas yang dapat mendukung pemulihan ekonomi Masyarakat sangat jadi perioritas. Namun Pemdes Gunung Ayu lakukan realisasi anggaran hingga habis tanpa pertanggung jawaban yang jelas sementara kegiatan di Desa masih sangat banyak hingga 100% realisasi Desa” jelas Hotma.

“Hal ini tidak bisa dibiarkan pihak Kecamatan selaku Tim Verifikasi harus cepat lakukan tindakan sebelum hal tersebut berjalan terlalu jauh, sebab tindakan tersebut berpotensi timbulkan kerugian Negara dan Masyarakat khususnya Masyarakat Gunung Ayu Kecamatan Seginim” ungkap Hotma.

Saat dikonfirmasi Inspektur Inspektorat Hamdan Sarbaini menyatakan bahwa tindakan itu salah melanggar aturan, “tidak bisa mendahului anggaran, realisasi dana Desa harus sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan” terang Hamdan.

Disisi lain Camat Kecamatan Seginim Magdalena juga menyatakan tindakan Pemdes Gunung Ayu menyalahi aturan, “semua realisasi dana Desa harus disertai dengan bukti kegiatan” tegas Camat.

Sementara itu beberapa pelaku usaha yang juga terdaftar sebagai penerima anggaran di Desa Gunung Ayu mengakui bahwa mereka tidak mengetahui pencairan tersebut “saya tidak tau, bukti ada gak pencairan disana dibubuhi CAP dari perusahaan kami, kalau sekedar tanda tangan itu urusan Pemdes Gunung Ayu yang pasti kami dari pihak perusahaan tidak mengetahui” terang salah satu pelaku usaha yang namanya enggan disebutkan.

Sekdes Gunung Ayu Mubi saat dikonfirmasi menjelaskan “saya juga bingung soalnya Kepala Desa langsung yang menangani pencairan, jadi saya tidak tau bagaimana Kades lakukan pencairan sebab banyak yang dicairkan dirumah Kepala Desa” tutup Mubi.

Hingga berita ini diterbitkan konfirmasi dengan pihak berkompeten lainnya sedang diupayakan. (JAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here