Beranda Daerah Bengkulu Eks Ketua KONI Bengkulu Divonis 11 Tahun Penjara

Eks Ketua KONI Bengkulu Divonis 11 Tahun Penjara

30
0
BERBAGI

BENGKULU, WN – Mantan Ketua KONI Provinsi Bengkulu Mufron Imron divonis 11 tahun penjara dan denda Rp 750 juta subsidair 6 bulan kurungan ditambah membayar uang pengganti Rp 11 miliar subsidair 5 tahun penjara.

Vonis pidana yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bengkulu yang diketuai Hakim Fitrijal Yanto tersebut lebih rendah dari tuntutan JPU Kejati Bengkulu sebelumnya yang menuntut terdakwa dengan pidana selama 12 tahun penjara, dengan denda Rp 500 juta subsidair 1 tahun kurungan ditambah membayar uang pengganti Rp 11 Miliar, dan jika tidak dibayar diganti dengan hukuman pidana selama 6 tahun penjara.

Sementara terdakwa Hirwan Fuadi yang merupakan mantan bendahara KONI Provinsi divonis hukuman pidana selama 4,5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan. Vonis hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan JPU Sebelumnya yang menuntut Hirwan dengan hukuman pidana selama 5 tahun 6 bulan penjara dengan denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Pasca mendengarkan majelis Hakim PN Tipikor Bengkulu tersebut, JPU Kejati Bengkulu Dewi Kemala Sari mengatakan bahwa pihaknya akan memanfaatkan waktu pikir – pikir selama seminggu dan akan berkordinasi dengan pimpinan untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Hal yang memberatkan terdakwa Mufran Imron dan Hirwan Fuadi karena kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Khusus terdakwa Mufran Imron, hal memberatkan lainnya yakni sama sekali tidak membayar kerugian keuangan negara sebesar Rp 11 miliar,” ujar Dewi.

Diketahui, berdasarkan fakta persidangan, kedua terdakwa dugaan korupsi dana hibah KONI Provinsi Bengkulu 2020 tersebut terbukti sah melanggar pasal 2 UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here