Beranda Daerah Bengkulu HUT ke-49, Basarnas Siap Tingkatkan Quick Response Search and Rescue Dalam Setiap...

HUT ke-49, Basarnas Siap Tingkatkan Quick Response Search and Rescue Dalam Setiap Misinya

223
0
BERBAGI

BENGKULU, WN – Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan ke depan bakal meningkatkan Quick Response Search and Rescue dalam setiap operasi mosi penyelamatan mereka.

Hal ini diungkapkan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dalam sambutannya pada peringatan HUT Basarnas ke – 49, Minggu (28/02/2021) secara virtual dari Jakarta.

“Quick response akan berimplikasi pada Golden Hour (waktu emas, red). Semakin besar Golden Hour, maka keyakinan terhadap keselamatan hidup korban juga akan semakin besar. Itulah fokus utama operasi SAR, yaitu menyelamatkan jiwa atau hidup korban,” ungkapnya.

Menurutnya, Quick response menjadi bagian dari response time, yaitu pergerakan tim SAR sesaat setelah menerima laporan atau melihat langsung kondisi kedaruratan sampai di lokasi kejadian. Response time Basarnas selama ini sudah cepat, sekitar 30 menit. Response time tersebut meliputi pergerakan yang dimulai dari persiapan personil, peralatan, dan sarana prasarana, jarak tempuh atau jarak jangkau hingga sampai ke lokasi kejadian.

Ditambahkannya, kecepatan response time tersebut juga didukung penuh oleh Potensi SAR terdekat dengan lokasi kedaruratan sebagai tindak awal sebelum tim SAR tiba di lokasi kejadian.

“Karena itu, komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder bidang SAR atau Potensi SAR harus lebih intensif lagi. Mereka adalah pilar utama keberhasilan pelaksanaan operasi SAR,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Bengkulu Abdul Malik S.Sos menghimbau kepada masyarakat khususnya Provinsi Bengkulu untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, karena suasana pandemi Covid ini belum hilang.

“Kami selaku insan SAR memohon kepada masyakarat khususnya Provinsi Bengkulu, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan. Kemudian cuaca ekstrem yang di perkirakan oleh BMKG sampai bulan April ini juga menjadi suatu hal yang sama-sama kita waspadai agar lebih Savety dalam beraktivitas baik nelayan maupun pengguna transportasi lainnya,” ujar Abdul Malik.

“Harapan terbesar kami kepada seluruh pegawai di lingkungan Basarnas, kita harus menyamakan persepsi baik pola pikir maupun pola tindak, sehingga akan terbentuk team work yang solid dan sinergi dalam meningkatkan kualitas layanan pencarian dan pertolongan untuk menyambut tahun emas Basarnas menuju Indonesia maju,” tutupnya.

Diketahui, perayaan HUT Basarnas kali ini bertema “Kita Tingkatkan Kualitas Layanan Pencarian dan Pertolongan untuk Menyambut Tahun Emas Basarnas Menuju Indonesia Maju”, dan digelar secara virtual, langsung dipandu dari Basarnas pusat yang diikuti seluruh kantor cabang Basarnas yang ada di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini, Kasubsi Sumber Daya Ibnu Putra Dewantoro, SE, Kasubsi Operasi dan Latihan Julhendra, SE, Kepala Urusan Umum Sipranidi, SH beserta staf dan lainnya.

Agenda dilaksanakan sederhana, meliputi launching Youtube Official Basarnas, sarasehan dengan Topik program perlindungan dan jaminan sosial terhadap pegawai aparatur sipil negara di lingkungan badan nasional pencarian dan pertolongan, penyerahan piagam penghargaan secara simbolis kepada Potensi SAR yang terlibat dalam operasi SAR Sriwijaya Air 182, kemudian tasyakuran dengan pemotongan tumpeng oleh Kabasarnas, dan diakhiri dengan ramah tamah. dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sebagai informasi, bagi masyarakat khususnya di Bengkulu, jika memerlukan bantuan dari tim Basarnas, bisa datang langsung ke kantor Basarnas di jalan Suprapto dalam RT 17/ Rw 07 nomor 10 kelurahan Betungan kecamatan Selebar, atau bisa langsung menghubungi nomor 115 bebas pulsa, telepon (0736)- 5500-666, Wa 0811-7325-115. Dengan menyebutkan identitas dan alamat kejadian.(Ajh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here