Beranda Daerah Kasus Korupsi BBM 2017, Tiga Anggota Dewan Diperiksa Polda Bengkulu

Kasus Korupsi BBM 2017, Tiga Anggota Dewan Diperiksa Polda Bengkulu

117
0
BERBAGI

BENGKULU, WN – Pemeriksaan lanjutan kasus dugaan Tindak Pindana Korupsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Pemeliharaan Kendaraan Dinas (Randis) di Sekretariat Dewan Kabupaten Seluma tahun 2017 kembali bergulir.

Tim Penyidik Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Bengkulu kembali memeriksa 3 orang anggota dewan berstatus saksi berinisial OF, YA dan A.

“Hanya memenuhi panggilan sebagai saksi, baru kali ini (diperiksa, red). Kita ikuti saja prosesnya,” katanya YA saat usai diperiksa seperti dilansir dari rakyatbengkulu.

Di tempat yang sama usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh Direskrimsus Polda Bengkulu, OF sedikit mengeluarkan pernyataan bahwa ia diminta keterangan saja soal kasus 2017 lalu. “Saya hanya dimintai keterangan terkait kasus itu,” ujarnya.

Sebelum tiga anggota DPRD Seluma, telah lebih dulu diperiksa, mantan Ketua DPRD Seluma, HT, Wakil Ketua DPRD Seluma UU, dan R yang juga anggota DPRD Seluma.

Seperti diketahui dugaan kasus korupsi tersebut, telah menyeret dua orang tersangka, yakni FL selaku PPTK dan SA selaku bendahara. Dua orang tersebut, sudah mendapatkan vonis dari majelis hakim Pengadilan Negeri Bengkulu, masing-masing 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan penjara.

Dilansir dari suara.com tersangka sempat dihadirkan sebagai saksi terhadap dua tersangka FL dan SA pada sidang di PN Bengkulu, Februari 2020 lalu. Dalam sidang tersebut, ES mengaku tidak tahu mekanisme keuangan.

ES juga mengaku dirinya hanya menandatangi laporan pertanggungjawaban tanpa melakukan pengecekan penggunaan anggaran. Tersangka juga mengakui tidak tahu pembayaran pencairan belanja BBM tidak sesuai struk dan menimbulkan kerugian sebanyak Rp 700 juta.

Perlu diketahui dugaan dalam kasus tersebut menimbulkan kerugian negara Rp 900 juta dari anggaran Rp 436 Juta, untuk perbaikan suku cadang dan belanja BBM sebesar Rp 1,2 M, untuk 12 unit mobil dinas di lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Seluma tahun 2017. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here