Beranda Daerah Bengkulu Kejari Segera Tetapkan Satu Tersangka Kasus Dugaan Penjualan Lahan Pemkot Jilid II

Kejari Segera Tetapkan Satu Tersangka Kasus Dugaan Penjualan Lahan Pemkot Jilid II

101
0
BERBAGI
Kajari Bengkulu, Yunitha Arifin

BENGKULU, WN – Terkait penyidikan jilid II kasus dugaan penjualan aset lahan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu seluas 8,6 hektar di kawasan Perumnas Korpri Kelurahan Bentiring Kota Bengkulu, tim penyidik tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu dipastikan segera menetapkan satu orang tersangka.

Sebelumnya, Kejari telah menetapkan 2 orang tersangka yakni, Malidin Sena selaku Lurah Bentiring dan Dewi Astuti selaku pengembang yang mana perkaranya sudah inkracht pada tingkat kasasi di Mahkamah Agung.

“Saya sudah mengeluarkan surat perintah ke jajaran Pidsus, Jaksa Penuntut Umum maupun jajaran Intelejen untuk menelusuri aset dari pada Dewi Astuti, jadi disitu-kan putusannya setelah satu bulan dia tidak melaksanakan uang pengganti maka jaksa akan melakukan penyitaan terhadap asetnya, jika kita temukan akan kita sita dan kita lelang lalu akan kita serahkan ke negara sesuai uang pengganti yang dibebankan,” kata Kepala Kejari Bengkulu, Yunitha Arifin, SH, MH, Rabu (22/12/2021) lalu.

Yunitha menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan pencarian aset. Terpidana sudah menitipkan sertifikat namun untuk lahannya tidak disita. Barang bukti sertifikat sudah dikembalikan ke Pemda tetapi karena ada split dari Dewi Astuti dan masih penyidikan maka sertifikat disita lagi untuk perkara jilid II dan penyidik masih mengumpulkan bukti-bukti untuk menetapkan tersangkanya.

“Pemeriksaan ahli sudah, saksi sudah, tinggal proses selanjutnya penetapan tersangka, kerugian negaranya karena sudah dibebankan kepada Dewi Astuti kerugian negaranya tidak bisa lagi, hanya terkait perbuatannya yang kita tindaklanjuti,” jelas Yunitha. Ia menambahkan, penyidik masih berkoordinasi terkait penetapan tersangka dalam kasus jilid II. “Mungkin kita satu dulu (tersangka),” pungkas Kajari.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here