Beranda Headline Pemdes Talang Indah Gelar Musdesus

Pemdes Talang Indah Gelar Musdesus

18
0
BERBAGI

BENGKULU SELATAN,WN – Pemerintah Desa Talang Indah Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan Musyawarah Desa Khusus (musdessus) penetapan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (KPM-BLT) dana desa (DD),di Jantor Desa Talang Indah.

Musyawarah ini dipimpin langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Talang Inda, Suadi dalam menerima Aspirasi masyarakat secara terbuka dan transparan menetapkan layak dan tidak layaknya data yang dikumpulkan oleh Tim untuk sama-sama diprediksi menjadi penerima BLT DD dengan enam poin pertimbangan buat penerima, berakhir dengan kata sepakat ditetapkan 67 KPM.

Jumlah penerima BLT DD tersebut diambil dari 40% kalkulasi anggaran untuk blt. Yang didasari dari hasil gelaran Musyawarah Desa khusus, masyarakat Desa Talang Indah, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa dan masyarakat.

Kepala Desa Talang Inda Suli menjelaskan penetapan jumlah penerima BLT DD berdasarkan keputusan bersama masyarakat dalam musyawarah yang di ikuti anggota BPD selaku wakil masyarakat dan Pemerintah Desa selaku instansi yang mengelola anggaran BLT DD.

” Musyawarah khusus penetapan BLT DD anggaran tahun 2022 diputuskan 76 KPM dari hasil musyawarah terbuka, transparan, tidak ada yang ditutup-tutupi dan benar-benar layak menerima sesuai dengan enam kretria yang ada dan tidak tumpang tindi dengan penerima bantuan pemerintah PKH dan BPNT. Keputusan penetapan penerima tidak ada intervensi dari kades maupun BPD murni hasil musyawarah ditetapkan bersama”, terang Kades Suli.

Sambung Kades terakomodir 67 KPM BLT DD, sudah sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yang tertuang dalam peraturan presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021, bahwa 40 persen anggaran dana desa tahun 2022 harus dialokasikan buat BLT DD.

Harapan musyawarah penetapan penerima BLT DD dibuka secara transpara dengan tujuan masyarakat Talang Inda memahami dan hindarkan kisruh serta tanda tanya dikemudian hari.

Buat KPM BLT DD khususnya desa Talang Indah dapat memanfaatkan bantuan ini sesuai keperluan dan kebutuhan masing-masing demi peningkatan kesejahteraan dan Perekonomian rumah tangga yang semakin sulit akibat dampak dari bencana covid-19, himbau kades.

Kapolsek Manna, Iptu Yepi Mulyadi dalam musyawarah menyampaikan kepada masyarakat bermusyawarahlah secara bijak dengan tetap mengedepankan persaudaraan dan tetap prokes memakai masker, jaga jarak, jaga keluarga karena Bencana wabah covid ada parian baru Omikron mulai melanda Kabupaten yang kita cintai Bengkulu Selatan ini.

Camat Bunga Mas, Tanzaral Amri,S.Sos meminta kepada Pemerintah Desa untuk melaksanakan penetapan calon penerima BLT DD harus berdasarkan aturan yang berlaku dan dirinya juga melarang Pemerintah Desa untuk menetapkan calon penerima bantuan tersebut tampa didasari oleh kriteria.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here