Beranda Daerah Bengkulu Penyerahan Hadiah Kegiatan Lomba Perpustakaan Umum Desa Terbaik Tingkat Provinsi Bengkulu

Penyerahan Hadiah Kegiatan Lomba Perpustakaan Umum Desa Terbaik Tingkat Provinsi Bengkulu

151
0
BERBAGI

BENGKULU, WN – Guna mewujudkan perpustakaan sebagai bagian penting dalam misi mencerdaskan anak bangsa serta terus berperan dalam memberikan informasi dan ilmu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bengkulu pada tahun 2021 ini menggelar Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Bengkulu.

Lomba ini diikuti oleh  7 perpustakaan desa/kelurahan di semua wilayah dan Kabupaten Bengkulu, diwakili oleh Perpustakaan Desa Cakrawala (Kab. Seluma), Perpustakaan Desa Wahana ilmu (Kab.Bengkulu Utara), Perpustakaan Desa Melati (Kab.Kaur), Perpustakaan Desa Cakrawala (Kab.Kepahiang), Perpustakaan Desa Tirto Sari (Rejang Lebong), Perpustakaan Desa Kerano kuncoro (Kab.Bengkulu Tengah), dan Perpustakaan Desa Jendela ilmu (Kab.Mukomuko).

Penilaian pemenang dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi pada tanggal 1 April 2021 lalu. Penilaian administrasi ini dilakukan oleh tim juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya hasil dari penilaian administrasi, yaitu terpilihnya 7 perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu penilaian Visitasi.

Setelah dilakukan penilaian presentasi, kemudian juri melakukan tanya jawab dan verifikasi kondisi perpustakaan yang sesungguhnya untuk mendapatkan gambaran utuh dan lengkap tentang kondisi perpustakaan.

Hasil dari penilaian Visitasi yaitu terpilihnya juara 1,2,3 dan ada juga juara harapan Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Tahun 2021. Setelah melakukan penilaian berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, tim juri memutuskan hasil kejuaran dengan berita acara nomor 041/438/DPK/VII.2021. Dengan hasil penilaian perpustakaan yang menjadi juara :

Juara l : Perpustakan Kerano kuncoro (Bengkulu Tengah), Juara ll: Perpustakan Cakrawala (Seluma), Juara lll: Perpustakan Wahana ilmu (Bengkulu utara), Harapan l: Perpustakan Tirtosari (Rejang lebong), Harapan ll: Perpustakan Cakrawala (Kepahiang)                Harapan lll: Perpustakan Melati (Kaur).

“Alhamdulillah rangkaian lomba perpustakaan ini sesuai harapan. Ke depan, tinggal bagaimana kita meningkatkan potensi dan membina keberadaan  perpustakaan desa/kelurahan Provinsi Bengkulu dengan konsep transformasi  perpustakaan berbasis fungsi sosial. Maksudnya bagaimana perpustakaan Desa/kelurahan menjadi pusat kegiatan yang ada di desa dan kelurahan itu, karena di perpustakaan pembinanya berliterasi lengkap. Harapan kita menjadi sukses dan membatu dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah sosial dengan moto/harapan literasi kesejahteraan masyarakat,“ ungkap Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd.(hrw/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here