Beranda Daerah Bengkulu Puluhan Lampu Jalan di Seluma Rusak dan Terbengkalai, Kepala DLH : Anggaran...

Puluhan Lampu Jalan di Seluma Rusak dan Terbengkalai, Kepala DLH : Anggaran Pemeliharaan 2021 Kosong !!

166
0
BERBAGI

SELUMA, WN – Sebanyak 30 dari total 120 lampu jalan yang ada di Kabupaten Seluma saat ini diketahui dalam kondisi rusak dan terbengkalai, namun pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Seluma mengaku tidak bisa berbuat apa-apa lantaran anggaran pemeliharaan lampu jalan di tahun 2021 ini nihil.

Hal ini diungkapkan Kepala DLH Seluma Hadi Susanto melalui Kabid Pertamanan, Joko Handoyo. Menurutnya, pihaknya tidak dapat berbuat dengan kosongnya anggaran ini, karena tidak dialokasikan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di APBD 2021.

Ia berharap di APBDP anggaran dapat dialokasikan, sehingga perawatan ataupun perbaikan dapat dilakukan terhadap lampu jalan yang saat ini telah banyak yang membutuhkan perbaikan. “Dari 120 lampu jalan, sudah ada 30-an yang rusak. Belum dapat kita perbaiki karena tidak adanya anggaran ini,” terang Joko.

Dijelaskannya, anggaran pemeliharaan lampu jalan ini jelas asalnya. Anggaran pemeliharaan lampu jalan ini telah ada alokasinya pada pajak lampu jalan pembayaran listrik pelanggan setiap bulannya. Namun hal ini tidak dialokasikan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di APBD 2021.

“Sesuai aturan dari pajak penerangan lampu jalan PLN tersebut, 30 persen dialokasikan untuk pemeliharaan lampu jalan. Tapi hingga saat ini belum ada,” kata Joko.

Kabid Pertamanan berharap, anggaran pemeliharaan lampu jalan ini dapat dialokasikan oleh TAPD di APBDP mendatang, sehingga perawatan dapat dilakukan. Lebih dari itu, penambahan titik lampu jalan juga dapat dilakukan jika anggaran tersebut tersedia. “Harapan kami seperti itu. Ini juga mendukung program pak Bupati yang ingin mempercantik wajah kota,” sampainya, dilansir warnabengkulu.

Untuk diketahui, setiap bulannya PLN rutin menyetor pajak lampu penerangan jalan ini. Dana tersebut bersumber dari pembayaran rekening listrik pelanggan setiap bulannya.

Di tahun 2021 ini pajak lampu penerangan jalan dari PLN ini diterget mencapai hampir Rp 7 miliar. Dari besaran dana tersebut, sesuai aturan harus dialokasikan sebesar 30 persen untuk pemeliharaan lampu jalan.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here