Beranda Daerah Bengkulu Seleksi Perangkat Desa Sukajaya Kedurang ilir Disinyalir Adanya Money Politik

Seleksi Perangkat Desa Sukajaya Kedurang ilir Disinyalir Adanya Money Politik

44
0
BERBAGI

BENGKULU SELATAN, WN – Pemerintah desa dapat berjalan dengan baik untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat, tidak dapat dijalankan oleh Kepala Desa sendirian hal ini perlu bantuan perangkat yang didapatkan melalui seleksi perangkat Desa.

Seleksi perangkat desa ini akan diikuti oleh warga setempat yang memang layak dan berkompeten untuk melayani masyarakat, hal itulah yang menjadi panduan Kepala Desa untuk penentuan perangkatnya serta pedoman pihak Kecamatan untuk memberikan rekomendasi untuk perangkat Desa yang lolos mengikuti seleksi, jangan sampai penentuannya dikarenakan suka atau tidak suka, ataupun dipengaruhi karena money politik.

Akan tetapi hal itu nampaknya terjadi pada seleksi perangkat Desa Suka Jaya Kecamatan Kedurang Ilir, hal ini terungkap dari sumber terpercaya yang membuka secara gamblang dengan media ini.

Diduga Panitia Seleksi perangkat Desa meloloskan peserta seleksi perangkat Desa bukan atas dasar kemampuan, namun disinyalir adanya money politik. Dugaan adanya money politik pada proses seleksi perangkat Desa tercuap saat Ketua Panitia perangkat Desa juga menyuap pihak Kecamatan untuk merekomendasikan perangkat yang dimaksud.

Sesuai penelusuran media ini Perangkat yang lolos seleksi sempat dipanggil dan dicoba dibubuhi pertanyaan yang berkaitan dengan yang diujikan disaat tes oleh pihak Kecamatan, namun perangkat desa yang lolos tersebut tidak dapat menjawab “begitu saya lontarkan pertanyaan ngelak (kebingungan) tanpa jawaban membuktikan tidak mengerti apa-apa” terang sumber.

Sumber juga menjelaskan bahwa di Desa tersebut, ada stap yang sudah lumayan lama bekerja didesa dan ikut seleksi perangkat desa yang dilaksanakan namun kalah, sementara yang tidak memahami terkait apa-apa yang menjadi tugas didesa bisa menang. Atas keraguan itulah pihak Kecamatan sempat menahan rekomendasi terhadap pemenang seleksi, terang sumber.

Menyikapi hal ini Ketua LSM Kibar Kabupaten Bengkulu Selatan angkat bicara “hal ini tidak boleh dibiarkan, kalau memang pihak panitia menjalankan tugasnya dengan benar untuk melakukan seleksi didesanya untuk apa panitia memberikan uang untuk meloloskan rekomendasi, disamping itu barang tidak mungkin ketua panitia sanggup mengeluarkan uang untuk meloloskan peserta. Dengan itu sudah barang pasti uang yang diadakan diduga keras diperoleh dari peserta seleksi” terang Hotma.

Hotma juga meminta agar dengan adanya kejadian ini kiranya pihak panitia dapat diproses secara hukum, sebab diduga disana sudah menemukan titik terang atas dugaan pungli yang dilakukan pihak kecamatan dan dipenuhi oleh panitia, disinyalir dilakukan juga oleh panitia seleksi, tutup Hotma. (dpi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here