Beranda Daerah Bengkulu Terapkan Prokes Ketat Di Masa Pandemi, Perpustakaan Daerah Siapkan Berbagai Layanan Menarik...

Terapkan Prokes Ketat Di Masa Pandemi, Perpustakaan Daerah Siapkan Berbagai Layanan Menarik Bagi Masyarakat

167
0
BERBAGI
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd

BENGKULU, WN – Dalam menjalankan fungsinya sebagai motor pendukung pendidikan masyarakat, juga guna memberikan pelayanan umum yang maksimal, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu selama masa Covid-19 hingga saat ini telah menerapkan berbagai protokol kesehatan (Prokes) ketat dalam setiap aktivitasnya.

Khususnya kepada masyarakat yang datang berkunjung, penerapan Prokes ini seperti, wajib memakai masker, menjaga jarak saat berada dalam area perpustakaan, mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki area perpustakaan, dan sebagainya.

Kantor DPK Provinsi Bengkulu

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd didampingi Kepala Bidang Hj.wardaniar, S.Sos. M.Pd mengatakan, Perpustakaan Provinsi masih sangat ketat dalam disiplin protokol kesehatan. Tujuannya adalah memberikan rasa aman bagi pengunjung. Bukan itu saja, Prokes ketat juga berlaku bagi pegawai, petugas pengelola perpustakaan maupun pemustaka yang harus menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Salah satu sudut ruangan di Perpusda Bengkulu

“Menekan penularan Covid, Perpustakaan Provinsi Bengkulu menerapkan beberapa kebijakan sesuai dengan standar pelayanan masa Pandemi Covid-19. Yaitu, pembatasan jumlah pengunjung yang akan membaca buku di tempat. Untuk layanan lainnya seperti peminjaman buku, pengembalian buku, mendaftar untuk menjadi anggota baru semua masih dilayani,” ujar Meri. Disamping itu, menurut Meri Sasdi, selama masa Covid-19 ini pihaknya tidak mengalami kendala dalam melakukan pelayanan umum dikarenakan telah tersedianya perpustakaan digital.

“Perpustakaan digital milik Perpustakaan Daerah sendiri telah mengoleksi sebanyak 3 ribu buku yang dapat diakses selama 24 jam untuk seluruh masyarakat umum baik di Bengkulu maupun luar Bengkulu. Pelayanan konvensional Perpustakaan Daerah untuk membaca di tempat selama pandemi ini memang tidak pernah dibuka, tetapi mereka hanya dapat menerima pelayanan pengembalian buku dengan mengikuti prosedur kesehatan yang telah ditetapkan,” jelas Meri.

Disampaikan Meri juga, guna menunjang sisi pelayanan kepada masyarakat, pihaknya telah menyiapkan berbagai layanan menarik. Diantaranya, layanan sirkulasi, layanan perpustakaan keliling, layanan rujukan, layanan penelusuran literatur, layanan penyediaan bahan pustaka, layanan anak, layanan story telling, layanan konsultasi, layanan ekstenti, layanan referensi, layanan koleksi deposit, layanan delivery order, layanan klinik pustaka, dan sebagainya.

“Selain koleksi buku fisik, kami juga memiliki layanan E-Book. Ini adalah layanan koleksi buku digital kita. E- Book ini dapat diakses dengan mudah. Cukup dengan HP android, lalu instal di play store atau akses melalui internet e-perpusprovbengkulu. Inovasi layanan ini akan lebih mudah, lebih nyaman lagi bagi pemustaka -pemustaka yang akan membaca buku di tempat ataupun meminjam buku. Karena dengan kembali tertatanya buku-buku koleksi di rak sesuai dengan klasifikasinya akan memudahkan pemustaka dalam mencari buku yang diinginkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 53 tahun 2016, dengan Tugas Pokok membantu Kepala daerah / Gubernur untuk pelaksanaan di bidang Perpustakaan dan Bidang Kearsipan. Untuk Tugas di bidang Kearsipan salah satunya adalah Pelayanan kearsipan secara online. Website ini merupakan wadah yang menyajikan infromasi secara online yaitu Sistem Informasi Kearsipan Nasional bagi Provinsi Bengkulu, Melalui sistem online tersebut masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi secara cepat, akurat berkaitan Arsip Statis dan Dinamis yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu.(red/wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here