Beranda Daerah Bengkulu Tertangkap di Bandara, Dua Pejabat PUPR Seluma Diduga Palsukan Dokumen Antigen

Tertangkap di Bandara, Dua Pejabat PUPR Seluma Diduga Palsukan Dokumen Antigen

163
0
BERBAGI

BENGKULU, WN – Dugaan pemalsuan dokumen hasil rapid test antigen terungkap di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Senin (27/9/2021) lalu.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, dua orang yang merupakan pejabat dan ASN di Dinas PUPR Kabupaten Seluma berinisial ES dan WG menggunakan dokumen hasil Antigen yang diduga palsu, dan dinyatakan tidak valid oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Dokumen tersebut mengatasnamakan RSUD Tais sebagai pihak yang melakukan test.

Sementara itu, Direktur RSUD Tais, dr. Wiwin Herwini menyatakan, dokter yang tertera sebagai penanggungjawab laboratorium, sebagaimana yang tertulis di surat, membantah menandatangani surat hasil rapid antigen tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan dokternya, kata dokternya dia tidak pernah menandatangani surat itu,” jelasnya Kamis (30/9/2021) lalu. Ditambahkannya, RSUD Tais kini sedang melakukan pemeriksaan secara internal, untuk memastikan siapa yang membuat surat hasil antigen tersebut.

“Kami kan tidak tahu surat itu sumbernya dari mana, bisa dari dalam rumah sakit atau luar rumah sakit, oleh karena itu kami telusuri dulu,” jelasnya.

Wiwin juga menyatakan, prosedur penertiban dokumen asli hasil rapid test antigen, saat ini wajib diinput ke aplikasi Peduli Lindungi. Sehingga pada saat pengecekan, surat yang dikeluarkan akan dicocokkan dengan aplikasi.

“Pendaftar memberikan KTP dan kemudian diperiksa oleh analis, kemudian (hasil antigen) diinput, baru masuk ke aplikasi Peduli Lindungi, lalu surat ditandatangani dokter. Baru nanti di bandara dicek di aplikasi apakah sudah vaksin maupun sudah PCR dan Antigen,” jelasnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here